Minggu, 10 Februari 2013

UJI PUBLIK KURIKULUM 2013

         Kurikulum merupakan perangkat mata pelajaran yang diajarkan pada lembaga pendidikan; pewrangkat mata kuliah bidang keahlian khusus; cakupan kurikulum meliputi uraian bidang-bidang studi yang terdiri dari beberapa mata pelajaran yang saling terkait, [selanjutnya lihat artikata.com]. Kurikulum juga merupakan jendela dan pintu untuk melihat sejumlah mata peajaran dan kegiatan belajar-mengajar pada lembaga pendidikan.Kurikulum, bukan mata pelajaran, dapat berubah - diubah sesuai dengan perkembangan zama, konteks. serta sikon tertentu. Secara khusus, di Nusantara, rentang usia kurikulum +/- 10 tahun; setelah para pemangku dan oritas pendidikan melakukan update. revisi, perubahan kurukulum, termasuk di dalamnya visi, misi dan muatannya.
         Kini, nanti di Indonensia, pada tahun 2013, ada perubahan kurukulum; kali ini, Kementerian Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan, tidak langsung menebarkan kurukulum hasil racikan mereka ke sekolah, akan tetapi membuka kesempatan ke/pada publik, sehingga ada uji publik.  Oleh sebab itu, ku sengaja memindahkan materi Uji Publik Kurkulum 2013 (silahkan klik), ke web-site, sehingga mudah dicari.
Kali ini, ku mencoba melihat Kurkulum SD, (yang kemarin-kemarin) penuh dengan keluhan dari orang tua murid; jika anda (terutama guru SD dan mereka yang anaknya di SD) tertarik dengan (rencana) Kurikulum SD (yang ku telah pisahkan tersendiri), silahkan e-mail ke/pada : opa.jappy@gmail.com.
          Mari kita lihat sejenak tentang Kurikulum SD 2013 (sekali lagi, jika anda berminat mendapat (rencana) Kurikulum SD 2013, maka silahkan e-mail opa.jappy@gmail.com).
Image berikut, adalah usulan struktur Kurkulum SD 2013,
135427038145008429
capture from jappypellokila.8m.net
            Ada semacam tema atau pun gagasan utama yang sama, dari kelas 1 dan sampai 6; sehingga bisa ada kesamaan topik bahasan, yang semakin mendalam mengikuti tingkat kelas. Oke.
Dalam kerangka itu, ada pendekatan proses (dalam KBM/kegaitan belajar mengajar), yang menggunakan metode 7 m, (lihat no 3); pada hemat ku, m-7-m tersebut tidak mudah untuk mereka yang ada pada kelas-kelas bawah/kecil/pemula, (misalnya kelas 1, 2, 3). Apalagi, jika anak didik pada kelas-kelas tersebut datang dari latar yang kurang berwawasan  luas dan bukan lulusan TK.
          Oleh sebab itu, em-seven-em - m-7-m (yang dulu pernah ada ketika ku di SD/SR Sekolah rakyat dan SMP, sekian puluh tahun yang lalu), ada baiknya diberikan pada waktu/saat di kelas 3 atau 4 ke atas; pada kelas-kelas awal, cukup memberi pengenalan dan pembiasaan penggunaan m-7m; namun belum merupakan hal yang esensi.
           M-7-m memang sangat bagus untuk melatih cara berpikir secara logika, namun perlu hati-hati  dengan formula-formula agama - keagamaan yang hanya diterima oleh/karena iman; jika tak hati-hati maka m-7-m mampu membawa seseorang pada anti agama dan Tuhan.
Selanjutnya lihat image berikut
13542705271012179196
capture from jappypellokila.8m.net
         Agaknya, Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyerap aspirasi orantua murid sehingga hantu IPA dan IPS (yang di dalamnya gabungan beberapa pelajaran), menjadi terpisah; nyawanya ada juga pada bidang-bidang studi lainnya. Untuk yang ini, tentu mennati rancang bangun sylabusnya, karena masih gelap.
            Image beriku adalah kelompok bidang studi di SD, yang nantinya ada pada buka laporan hasil belajar atau raport. Coba periksa buku raport anak anda, … ada berapa kelompok bidang studi!? pada kurikulum 2013, hanya ada 2 (dua).
13542705841444955446
capture from jappypellokila.8m.net
Sama halnya dengan image berikut
1354270664725523836
capture from jappypellokila.8m.net


sumber:kompasiana

0 komentar: